TAHAPAN REVOLUSI INDUSTRI

Hi Thinkers 👋

Hari ini aku mau share tentang tahapan revolusi industri, menurut ku ini penting buat teman-teman sekalian yang sedang belajar ilmu sosial atau ilmu yang lainnya. Pasti kalian bertanya-tanya “Bagaimana sih tahapan revolusi industri?” yuk langsung saja baca tulisan ku dibawah ini… oh iya jangan lupa comment jika ingin memberikan pertanyaan, kritik, dan saran.
No.
Tahapan
Sejarah
Penemuan
1.
Revolusi Industri 1.0
Kemunculan mesin uap pada akhir abad ke-18 yang mendorong mekanisasi dalam proses industri. Revolusi ini dicatat oleh sejarah berhasil mennaikkan perekonomian secara dramatis di mana selama dua abad setelah revolusi industri terjadi peningkatan rata-rata pendapatan perkapita negara-negara di dunia menjadi enam kali lipat.
Mesin Uap (Penggunaan mesin berbasis manufaktur)
2.
Revolusi Industri 2.0
Terjadi di awal abad ke-19, pada Revolusi Industri 2.0 ini diterapkannya konsep produksi massal melalui produksi interchangeable parts, penggunaan mesin bertenaga listrik dan ditemukannya konsep standardisasi industri. Penemuan ini memicu kemunculan pesawat telepon, mobil, pesawat terbang, dan lain sebagainya yang mengubah wajah dunia secara signifikan.
Tenaga Listrik (Produksi massal dengan mesin bertenaga listrik)
3.
Revolusi Industri 3.0
Terjadi di awal abad ke-20, dimulai dengan penggunaan elektronik dan teknologi informasi untuk mendorong level baru otomatisasi produksi. Debut revolusi industri generasi ketiga ditandai dengan kemunculan teknologi digital dan internet. Sistem otomatisasi berbasis komputer ini membuat mesin industri tidak lagi dikendalikan manusia. Dampaknya biaya produksi menjadi lebih murah.
Teknologi Digital dan Internet (Teknologi informasi dan elektronika guna otomatisasi produksi)
4.
Revolusi Industri 4.0
Terjadi sekarang di awal tahun 2018 yang ditandai dengan sistem cyber-physical. Industri mulai menyentuh dunia virtual, berbentuk konektivitas manusia, mesin dan data, semua sudah ada di mana-mana. Istilah ini dikenal dengan nama Internet of Things (IoT). Revolusi industri 4.0 menekankan pada kemampuan Artificial Intellegent (kecerdasan buatan) sehingga kemunculan superkomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing genetic, dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak.
Internet of Thing (Integrasi dunia online dengan produksi industri untuk peningkatan efisiensi nilai proses industri)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Paradigma Sosiologi Chapter I

"Perkembangan dan Kemajuan Teknologi"